Home » » Pengaruh Model, Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Dalam membeli pakaian pada Toko Citra Indah Kota Beureunuen Kabupaten Pidie

Pengaruh Model, Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Dalam membeli pakaian pada Toko Citra Indah Kota Beureunuen Kabupaten Pidie

Pengaruh Model, Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Dalam membeli pakaian pada Toko Citra Indah Kota Beureunuen Kabupaten Pidie

Pengaruh Model, Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Dalam membeli pakaian pada Toko Citra Indah Kota Beureunuen Kabupaten Pidie

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Kebutuhan manusia akan rasa aman baik untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang tidak akan ada habisnya. Rasa khawatir akan keselamatan hidup, kesehatan, pendidikan anak dan masa depan keluarga membuat manusia membutuhkan jaminan akan hal tersebut. Hal ini tidak lain karena rasa aman dan jaminan akan keberlangsungan suatu kehidupan adalah hal mutlak yang selalu diinginkan manusia. Maka manusia sebagai seorang konsumen membutuhkan suatu produk yang dapat memberikan rasa aman dan menjamin keberlangsungan hidupnya, keluarganya maupun usahanya. Oleh sebab itu para pelaku bisnis mulai berinovasi membuat produk - produk yang dapat memberikan rasa aman dan jaminan terhadap konsumen. Produk - produk yang berfungi untuk memberikan rasa aman dan jaminan terhadap masyarakat selalu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, perkembangan pengetahuan, perkembangan dunia usaha dan bisnis. Produk tersebut kita kenal dengan nama Pakaian. Pakaian merupakan suatu kebutuhan mendasar manusia dalam kehidupan sehari-hari yng memiliki peranan penting dalam menjalani segala bentuk kegiatan sebagai makhluk berakal. Demikian pula dunia usaha dalam menjalankan kegiatannya menghadapi berbagai kendala yang mungkin dapat mengganggu kesinambungan usahanya, dan kita tahu bahwa semakin maju pemikiran maka kesadaran masyarakat akan kebutuhan semakin tinggi.

Hal ini dapat memicu perkembangan ekonomi yang tanpa disadari sudah menunjukan keikutsertaan para pemilik usaha dalam menciptakan lapangan pekerjaan kepada masyarakat, dimana pemerintah yang tidak sanggup menampung keseluruhan tenaga kerja selama ini. Oleh sebab itu, peran pengusaha dalam memajukan daerah sangat penting, hal ini dapat dilihat dari keberhasilan suatu daerah dilihat dari unsur bisnis niaga. Terlebih lagi keinginan masyarakat dalam menciptakan lapangan kerja sendiri dengan berani menggantungkan nasibnya melaui niaga yang selama ini kerap dilakukan seperti hal usaha penjualan, jasa pelayanan dan lain-lain sebagainya.

Menyikapi hal tersebut, tentunya pelaku bisnis terutama pemasaran akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempengaruhi perilaku konsumen untuk menjadi mitra maupun terbaiknya. Pihak pengusaha atau pemasar juga dituntut dapat secara jeli memprekdisikan perkembangan ekonomi mikro dan makro agar dapat menentukan hasil yang akan dicapai tidak hanya mengoptimalkan pendapatan yang berbasis pemasaran terpadu tetapi bisnis yang berbasis pada pemasaran produk kepada konsumen akhir. Problematika seperti ini tidak saja dialami oleh beberapa toko penjualan pakaian, akan tetapi juga dialami oleh perusahaan-perusahaan lain.

Lokasi adalah ilmu yang menyelidiki tata ruang (spatial order) kegiatan ekonomi, atau ilmu yang menyelidiki alokasi geografis dari sumber-sumber yang potensial, serta hubungannya dengan atau pengaruhnya terhadap keberadaan berbagai macam usaha/kegiatan lain baik ekonomi maupun sosial. lokasi adalah suatu penjelasan teoretis yang dikaitkan dengan tata ruang dari kegiatan ekonomi. Hal ini selalu dikaitkan pula dengan alokasi geografis dari sumber daya yang terbatas yang pada gilirannya akan berpengaruh dan berdampak terhadap lokasi berbagai aktivitas baik ekonomi maupun sosial. 

Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Istilah harga digunakan untuk memberikan nilai finansial pada suatu produk barang atau jasa. Biasanya penggunaan kata harga berupa digit nominal besaran angka terhadap nilai tukar mata uang yang menunjukkan tinggi rendahnya nilai suatu kualitas barang atau jasa. Dalam ilmu ekonomi harga dapat dikaitkan dengan nilai jual atau beli suatu produk barang atau jasa sekaligus sebagai variabel yang menentukan komparasi produk atau barang sejenis.

Perilaku konsumen adalah kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan menggunakan barang dan jasa termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut. Tahap-tahap yang dilewati pembeli untuk mencapai keputusan membeli melewati lima tahap, yaitu: pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan membeli, tingkah laku pasca pembelian. Produsen dalam mencapai sasaran memerlukan suatu strategi tersendiri dan terdapat beberapa faktor yang turut memengaruhi.

Dalam persaingan usaha, pengusaha dihadapkan pada berbagai masalah dalam menghadapi tingkah laku konsumen, dimana para pesaing usaha berlomba-lomba menciptakan strategi dalam menarik minat konsumen untuk menjadi pelanggan setia dengan bermacam strategi yang diusahakannya. Oleh sebab itu para pelaku usaha pada umumnya membutuhkan langkah-langkah yang dapat menunjang kegiatan usaha yang sedang dijalankannya, maka dari itu tak heran bagi pelaku usaha dalam menghadapi persaingan antar pelaku usaha yang sama. Hal ini pula terjadi dimana saja bahkan pada usaha kecil sekalipun, pelaku usaha pada umumnya telah mengambil langkah-langkah yang pasti untuk kemajuan usahanya, seperti halnya yang terjadi pada usaha-usaha di Kota Beureunuen yang bergerak di bidang penjualan pakaiaan.

Kota Beureunuen berada di wilayah Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD). Kalau Kota Beureunuen identika dengan Kecamatan Mutiara, maka luas wilayah kota ini 35,05 km2 dengan jumlah penduduk 19.122 jiwa (tahun 2012), sehingga kepadatan penduduknya mencapai 546 jiwa per km2. Kota Beureunuen berjarak sekitar 15 km dari Kota Sigli (Ibukota Kabupaten Pidie) dan 123 km dari Kota Banda Aceh. Kota Beureunuen atau Kecamatan Mutiara meliputi empat mukim dan 29 gampong, dengan batas-batas wilayah sebelah selatan dengan Kecamatan Sakti dan Mutiara Timur, sebelah barat dengan Kecamatan Indra Jaya, sebelah utara dengan Kecamatan Peukan Baro dan Simpang Tiga, serta sebelah timur dengan Kecamatan Kembang Tanjong. Pakaian (sandang) adalah salah satu kebutuhan pokok manusia di samping makanan (pangan) dan tempat tinggal (papan).

Selain berfungsi sebagai peunutup tubuh pakaian juga berfungsi sebagai lambang atau status orang dalam masyarakat, sebab berpakaian merupakan perwujudan dari sifat manusia yang mempunyai rasa malu dan ingin menutupi tubuhnya. Pakaian menurut bahasa adalah segala sesuatu yang menempel pada tubuh dari ujungrambut sampai ujung kaki. Menurut istilah, busana adalah pakaian yang kita kenakan setiaphari dari ujung rambut sampai ujung kaki berserta segala pelengkapannya, seperti tas, sepatu,dan segala macam perhiasan/aksesoris yang melekat padanya.

Citra indah beureunuen merupakan suatu tempat perbelanjaan pakaian yang menyediakan pakaian dalam kapasitas besar. Citra indah juga berperan aktif dalam kemajuan perekonomian masyarakat setempat karena Citra Indah menampung tenaga kerja yang secara otomatif dapat mengurangi pengangguran masyarakat setempat khususnya. Toko Citra Indah Beureunuen juga menyediakan berbagai model atau motif pakaian pria, dari celana hingga baju dengan model yang bagus dan harga dapat dijangkau oleh konsumen.

Seiring dengan perkembangan usaha, Citra Indah Beuereunun merancang berbagai strategi dalam pemasarannya yaitu strategi pemesan produk dengan model yang bagus, memilih lokasi penjualan yang strategis dan memesan barang dalam kapasisitas besar. Alasannya supaya konsumen atau masyarakat tertarik dengan apa yang di sediakan oleh usahanya. Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. 

Oleh karena itu, Toko Citra Indah Beureunun Kabupaten Pidie dituntut dapat memprediksikan bagaimana para konsumen akan merespon strategi pemasaran yang diterapkan. Agar dapat mencapai sasaran yang diinginkan, peran model, lokasi dan persedian barang turut menentukan keberhasilan produk yang dijual. Strategi pengembangan harus dibangun atas dasar adanya kesinambungan antara diferensiasi model, lokasi dan persedian barang yang strategis untuk melayani konsumen.

Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Model, Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Dalam membeli pakaian pada Toko Citra Indah Kota Beureunuen Kabupaten Pidie”.

1. 2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis dapat merumuskan  rumusan masalah sebagai berikut: 
  1. Bagaimana pengaruh model, lokasi dan harga terhadap keputusan konsumen dalam membeli pakaian pada Toko Citra Indah Kota Beureunuen Kabupaten Pidie?
  2. Diantara ketiga variabel dalam penelitian ini, variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli pakaian pada Toko Citra Indah Kota Beureunuen Kabupaten Pidie?


1.3  Tujuan Penelitian 
Dari hasil penelitian ini hendaknya memiliki tujuan, adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model, lokasi dan harga terhadap keputusan konsumen dalam membeli pakaian pada Toko Citra Indah Kota Beureunuen Kabupaten Pidie.
  2. Diantara ketiga variabel dalam penelitian ini, variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli pakaian pada Toko Citra Indah Kota Beureunuen Kabupaten Pidie.


1.4  Manfaat  Penelitian 
Manfaat yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Manfaat  Teoritis: Sebagai landasan penelitian yang akan datang, serta dapat menambah pengetahuan dan mengidentifikasi permasalahan serta dapat memberikan pemecahan masalah bagi masalah yang dihadapi. 
  2. Bagi Perusahaan: Sebagai sumber informasi bagi pihak toko Pakaian Citra Indah dalam usaha meningkatkan strategi pemasarannya agar dapat meningkatkan keputusan konsumen dalam melakukan perbelanjaan. 
  3. Bagi Peneliti: Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang ilmu ekonomi, khususnya dibidang pemasaran sehingga akan bermanfaat bagi peneliti selanjutnya.

Untuk bab selanjutnya sobat bisa hubungi via Facebok: fadlul fe (fadlulfe@yahoo.co.id)