Home » » Pengaruh Partipasi Pemakai dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Luzi Parfume Kota Sigli Kabupaten Pidie

Pengaruh Partipasi Pemakai dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Luzi Parfume Kota Sigli Kabupaten Pidie

Pengaruh Partipasi Pemakai dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Luzi Parfume Kota Sigli Kabupaten Pidie

Pengaruh Partipasi Pemakai dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Luzi Parfume Kota Sigli Kabupaten Pidie

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Dewasa ini, perusahaan diperhadapkan pada kondisi persaingan yang semakin meningkat dalam keterbukaan bisnis. Kondisi ini menuntut perusahaan harus lebih kreatif inovatif dengan menawarkan sesuatu yang bernilai lebih, dibanding yang dilakukan pesaing. Inilah yang dituntut oleh pasar yang menjadi fokus atau sasaran untuk bersaing. Pada umumnya perusahaan berupaya untuk memenuhi harapan konsumen, dengan membangun kepercayaan dalam suatu hubungan jangka panjang antara perusahaan dan pelanggannya. Hubungan ini harus dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu misalnya pelayanannya, kualitas produknya, dan sebagainya. Dengan demikian persepsi-persepsi yang negatif terhadap perusahan, akan berubah pada sesuatu yang dirasakan oleh konsumen, yang secara langsung dapat mengubah persepsi dimaksud pada suatu kepuasan dan dapat menciptakan komitmen untuk menggunakan produk yang ditawarkan perusahaan pada pasar sasarannya.

Berkembangnya Usaha Parfume di Kota Sigli Kabupaten Pidie tentu sangat berpengaruh bagi bangsa Indonesia, dimana terdapat banyak jenis dan model hasil-hasil tekstil dari berbagai bahan yang ada. Kebutuhan akan pakaian sekarang ini tidak hanya sekedar sebagai pelindung badan melainkan telah menjadi gaya hidup dengan jenis model pakaian yang mengikuti jaman. Usaha Parfume telah menjadi salah satu hal yang sangat popular di Kota Sigli Kabupaten Pidie. Parfume telah ditujukan kepada semua kalangan usia dengan dengan berbagai jenis bau-buan yang mengikuti trend-trend yang ada, yang tidak hanya digunakan pada hari-hari tertentu saja, akan tetapi parfume telah menjadi kebutuhan masyarakat untuk memenuhi hajat kemanusiaan. Maraknya persaingan yang ada di pasar parfume tentu akan menimbulkan masalah bagi pemilik usaha itu sendiri, dimana terjadi kompetisi didalam menarik konsumen sebanyak mungkin. Untuk menarik minat para pembeli, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan perbaikan sistem pemasaran yang efektif. Pemasaran efektif dalam penerapannya bukan hanya bagaimana meningkatkan volume penjualan tetapi juga mengamati tingkah laku konsumen serta memenuhi keinginan konsumen melalui usaha perbaikan kompetensi pegawai dan melihat sebesar mana partisipasi pegawai terhadap penggunaan parfume.

Dalam kaiatannya dengan uraian tersebut di atas maka salah satu langkah strategis yang dilakukan oleh perusahaan adalah menyusun suatu rencana yang komprehensif dan menyeluruh disertai dengan berbagai kebijaksanaan untuk dijadikan sebagai pedoman dalam mengimplementasikan rencana. Penyusunan rencana komprehensif yang dimaksud atau corporate planning bertujuan agar setiap pengambilan keputusan tidak didasarkan pada Interprestasi tersendiri dari bagian atau pengelolanya, tetapi harus berdasarkan pada rencana yang sifatnya menyeluruh.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Luzi Parfume dalam melakukan pemasaran adalah dengan meninjau secara jelas apa dan bagaimana prilaku pelanggan juga peran pelanggan dari perjalanan bisnisnya. Di samping itu Luzi Parfume juga dituntut untuk lebih meningkatkan kompetensi dari pada pegawainya supaya pegawai dapat melayani pelanggan secara maksimal dan bisa melakukan pendekatan terhadap keberadaan pelanggan. Salah satu cara meningkatkan kompetensi pegawai adalah dengan melakukan pelatihan atau pembelajaran khusus dalam hal melayani maupun dalam mengolah produk parfumenya. Oleh karena itulah pembekalan maupun pembelajaran khusus untuk pelanggan jangan pernah di kesampingkan, mengingat kompetensi pegawai merupakan aset paling berharga dalam usaha parfume.  Perusahaan Luzi Parfume harus dapat memberikan gambaran yang jelas dan teratur tentang apa yang dilakukan oleh pegawai dan bagaimana menggunakan setiap kesempatan atau peluang pada beberapa sasaran pasar. 

Luzi Parfume adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan parfume dengan berbagai jenis atau tingkat harga, Sehingga dalam perkembangan penjualan parfume dapat meningkatkan omset penjualannya dengan cara menarik minat pelanggan dan membuat pelanggan puas. Dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, seringkali perusahaan dihadapkan pada berbagai masalah, seperti kesulitan di dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, adanya persaingan yang ketat dari perusahaan sejenis, semakin kompleksnya perilaku konsumen terhadap suatu produk, selera konsumen yang selalu berubah-ubah, serta kondisi ekonomi yang kurang menentu. Setiap kegiatan usaha yang bergerak dalam bidang pemasaran produk  atau jasa, perlu dikelola secara efisien dan efektif guna mencapai tujuan usaha yang optimal, oleh karena itu sangat diperlukan adanya penerapan fungsi manajemen disamping memperhatikan pengaruh dari berbagai aspek. 

Menurut konsep pemasaran berhasilnya suatu perusahaan apabila perusahaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih baik, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut telah memasuki era kompetisi. Maka dari itu langkah-langkah yang mungkin harus diterapkan oleh Luzi Parfume seperti pembahasan sebelumnya mungkin sangatlah cocok yaitu meninjau sejauh mana partisipasi pelanggan dan kompetensi pegawai dalam aktivitas pemasarannya. Langkah-langkah strategis yang direncanakan harus sesuai dengan kondisi pelanggan dan lokasi usaha supaya apa yang direncanakan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Partisipasi pemakai merupakan salah satu faktor penting dalam keberlangsungan usaha, karena Partisipasi pemakai mungkin tidak harus diartikan bahwa produk yang dijual sudah terjual, melainkan pemakai pernah memakai parfume pada toko dimaksud walaupun hanya sekali, namun pemakai tersebut mempromosikan dengan secara tidak langsung kepada pelanggan yang lain, oleh sebab itulah partisipasi pemakai sangat penting untuk di perhitungkan mengingat pemakai adalah media promosi tampa harus mengeluarkan biaya sedikitpun.

Selanjutnya kompetensi pegawai adalah salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam keberlangsungan usaha, baik usaha pemasaran produk atau jasa. Khususnya pada usaha Luzi Parfume kompetensi pegawai sangat layak untuk diperhitungkan, karena kompetensi pegawai adalah motor penggerak suatu  usaha. Dimana kalau suatu usaha tidak memilki pegawai yang kompete, maka usaha tersebut bisa dikatakan gagal. Alasannya, pada usaha yang bergerak di bidang pemasaran khususnya pemasaran parfume memerlukan pegawai yang bisa mengolah parfume yang diminati pelanggan.contohnya; pelanggan lebih cenderung memilih parfume yang berkelas (kualitas bagus), dan kompeten pegawai dalam melayani pelanggan dan lain-lain sebagainya. 

Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul“Pengaruh Partipasi Pemakai dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Luzi Parfume Kota Sigli Kabupaten Pidie”.

1. 2  Rumusan Masalah
Berpijak dari latar belakang permasalahan di atas, maka penulis dapat merumuskan  pertanyaan penelitian sebagai berikut: 
  1. Bagaimana pengaruh partipasi pemakai terhadap kepuasan pelanggan pada toko Luzi Parfume kota Sigli Kabupaten Pidie?
  2. Bagaimana pengaruh kompetensi pegawai terhadap kepuasan pelanggan pada toko Luzi Parfume kota Sigli Kabupaten Pidie?
  3. Diantara kedua variabel dalam penelitian ini, variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan pada toko Luzi Parfume kota Sigli Kabupaten Pidie?

1.3  Tujuan Penelitian 
Dari hasil penelitian ini hendaknya memiliki tujuan, adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh partipasi pemakai terhadap kepuasan pelanggan pada toko Luzi Parfume kota Sigli Kabupaten Pidie.
  2. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi pegawai terhadap kepuasan pelanggan pada toko Luzi Parfume kota Sigli Kabupaten Pidie.
  3. Untuk mengetahui variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan pada toko Luzi Parfume kota Sigli Kabupaten Pidie.

1.4  Manfaat  Penelitian 
Manfaat yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Manfaat  Teoritis: Sebagai landasan penelitian yang akan datang, serta dapat menambah pengetahuan dan mengidentifikasi permasalahan serta dapat memberikan pemecahan masalah bagi masalah yang dihadapi. 
  2. Bagi usaha Luzi Parfume: Sebagai sumber informasi bagi pihak usaha Luzi Parfume dalam usaha meningkatkan strategi pemasarannya agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dalam melakukan perbelanjaan.
  3. Bagi Peneliti: Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi penulis khususnya tentang ilmu ekonomi dibidang pemasaran sehingga akan bermanfaat bagi peneliti selanjutnya.

Untuk bab selanjutnya sobat bisa hubungi via Facebok: fadlul fe (fadlulfe@yahoo.co.id)