Home » » Pengaruh Modal Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Kios Pulsa Yudi Cell Di Gampong Jojo Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie

Pengaruh Modal Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Kios Pulsa Yudi Cell Di Gampong Jojo Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie

Pengaruh Modal Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Kios Pulsa Yudi Cell Di Gampong Jojo Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie

 Pengaruh Modal Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Kios Pulsa Yudi Cell Di Gampong Jojo Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Di era globalisasi yang modern ini teknologi merupakan suatu hal yang sangat penting terutama dalam bidang komunikasi dan informasi. Melalui teknologi yang sangat canggih seseorang bisa mendapatkan informasi dengan sangat cepat dari tingkat keakuratan yang rendah sampai dengan informasi yang sangat akurat. Hal ini sangat membantu seseorang baik itu pelajar, tenaga pengajar atau berbagai profesi lain dalam mengakses informasi yang diinginkannya. Teknologi dalam bidang informasi ini salah satunya yaitu fasilitas layanan  internet. Agar mudah dalam mengakses layanan internet biasanya konsumen meggunakan hand phone atau laptop sebagai alat dan pulsa sebagai modal utama dalam mengakses layanan tersebut. Sehingga pulsa merupakan suatu hal yang sangat penting bagi konsumen untuk saat sekarang ini . 

Pulsa dapat diartikan sebagai alat perhitungan atau sistem perhitungan dalam menentukan tarif pelanggan. Pulsa juga bisa diartikan sebagai media penghubung untuk komunikasi, baik komunikasi jarak dekat maupun jarak jauh. Pulsa berfungsi sebagai satuan biaya untuk melakukan komunikasi/telepon, mengirim pesan short message service, menggunakan layanan internet, chating, messenger, pembayaran listrik dan lain-lain. 

Seiring dengan perkembangan teknologi, pulsa yang dulunya dianggap sebagai kebutuhan tersier kini berubah menjadi kebutuhan primer. Pulsa tidak hanya digunakan oleh seseorang sebagai modal dalam mengakses informasi tetapi juga sebagai modal utama dalam berkomunikasi secara wireless dengan menggunakan hand phone atau ponsel sebagai alatnya. Di zaman yang terus berkembang ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa hampir semua lapisan masyarakat dari tingkat ekonomi rendah sampai tinggi dan dari usia muda sampai tua menggunakan ponsel sebagai alat komunikasi mereka. Ponsel yang dulunya dianggap sebagai kebutuhan non dasar kini berubah menjadi kebutuhan dasar. 

Peningkatan jumlah pemakaian ponsel sebagai alat komunikasi dan kebutuhan seseorang dalam mengakses layanan internet yang bermodalkan pulsa memberikan suatu peluang usaha dalam memenuhi kebutuhan penggunanya yaitu penjualan pulsa, aksesoris ponsel, penjualan berbagai jenis ponsel dan lain-lain sebagainya. Penjualan pulsa merupakan salah satu jenis usaha yang sangat digemari saat ini. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan begitu banyaknya usaha penjualan pulsa yang bisa ditemui hampir di semua tempat.

Berdasarkan data statistik yang dipublikasikan oleh situs Internet WorldStats jumlah pengguna ponsel di dunia pada tahun 2010 mencapai 4,6 milyar pertahun. Data dari International Telecommunications Union menunjukkan bahwa jumlah pengguna ponsel di seluruh dunia pada akhir 2012 mencapai 6,8 miliar. Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna ponsel keempat terbanyak di dunia, di bawah China, India, dan Amerika Serikat. Jumlah pelanggan ponsel di Indonesia per Desember 2012, menurut mobiThinking, mencapai 260 juta. Jumlah pengguna ponsel yang begitu banyak sangat erat kaitannya dengan kebutuhan pulsa bagi pengguna ponsel, begitu juga bagi penggunaan layanan internet yang bermodalkan pulsa.

Banyaknya permintaan pulsa dan kemudahan dalam memulai usaha pulsa menjadi suatu daya tarik bagi seseorang untuk memulai usaha penjualan pulsa. Dengan bermodalkan 100 ribu seseorang  bisa memulai usaha penjualan pulsa. Hal lain yang menjadi kemudahan yaitu usaha tersebut bisa dijalankan dimana saja karena tidak membutuhkan tempat yang begitu luas dan bisa dijalankan oleh siapa saja baik itu pemilik kios, PNS, wirausaha, pelajar atau mahasiswa dan lain sebagainya. 

Suatu usaha penjualan atau disebut juga dengan perdagangan bertujuan untuk memperoleh pendapatan, di mana pendapatan tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kelangsungan hidup usaha perdagangannya. Pendapatan bisa juga di definisikan sebagai jumlah penghasilan yang diperoleh dari hasil pekerjaan dan biasanya pendapatan seseorang dihitung setiap tahun atau setiap bulan mengatakan bahwa pendapatan dipengaruhi oleh besarnya modal yang diinvestasikan.

Modal merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan usaha, termasuk berdagang. Modal adalah semua bentuk kekayaan yang dapat digunakan langsung maupun tidak langsung dalam proses produksi untuk menambah output. Dalam pengertian ekonomi, modal yaitu barang atau uang yang bersama-sama faktor-faktor produksi tanah dan tenaga kerja menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa baru. Modal atau biaya sebagai salah satu faktor yang sangat penting bagi setiap usaha, baik skala kecil, menengah maupun besar.

Penelitian yang dilakukan oleh Utami dan Wibowo (2013, p.179) pada pedagang pasar Klithikan Notoharjo Surakarta tentang pengaruh modal kerja terhadap pendapatan menunjukkan hasil bahwa modal kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang.

Kota beureunun merupakan salah satu daerah keramaian karena merupakan pusat perdagangan atau usaha penjualan, salah satunya yaitu usaha penjualan pulsa. Penempatan usaha pulsa pada lokasi ini menjadi suatu bentuk yang positif karena kawasan Beureunun merupakan pusat perdagangan dan ramai dengan lalu lalang masyarakat.

Berdasarkan uraian diatas peneliti merasa tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai “Pengaruh Modal Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Kios Pulsa Yudi Cell Di Gampong Jojo Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie,”

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar modal usaha berpengaruh terhadap pendapatan usaha kios pulsa yudi cell di Gampong Jojo Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie?

1.3 Tujuan Penelitian
Mengetahui seberapa besar modal usaha berpengaruh terhadap pendapatan usaha kios pulsa yudi cell di Gampong Jojo Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie.?

1.4 Manfaat Penelitian
1. Bagi institusi pendidikan
Dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan pengembangan penelitian lebih lanjut dan juga dapat menambah khasanah pustaka dalam bidang pengetahuan ekonomi manajemen
2. Bagi peneliti
Dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam melakukan penelitian, serta dapat menjadi bekal dalam melakukan penelitian di masa yang akan dating
3. Bagi peneliti lain
Dapat dijadikan sebagai dasar referensi untuk penelitan lanjutan dalam bidang ekonomi manajemen.