Home » » Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Pada PT. Bank Aceh Unit Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Pada PT. Bank Aceh Unit Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Pada PT. Bank Aceh Unit Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
            Usaha perbankan merupakan lembaga keuangan yang memiliki peranan yang sangat penting, dimana dalam kegiatannybank sebagai penghimpun dana masyarakat (funding) dalam bentuk Giro, Tabungan dan Deposito yang dana  tersebut disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit. Salah satu aktivitas perbankan adalah menghimpun dana dari masyarakat luaadalah berupa simpanan tabungan, yaitu merupakan aktivitas perbankan dalam menghimpun dana masyarakat dengan syarat-syarat tertentu bagi pemegangnya, dan persyaratan masing-masing bank berbeda, tujuan nasabah menyimpan uang di rekening tabungan juga berbeda. Dengan demikian sasaran bank dalam memasarkan produknya juga berbeda sesuai dengan sasarannya.
            Nasabah perbankan saat ini memiliki kedudukan sebagai salah satu kekuatan kompetitif melalui daya tawarnya. Daya tawar nasabah menjadi sangat penting, karena merekalah yang memiliki kebutuhan dan keinginan. Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan itu, mereka jugalayang yang mempunyai sarana pembelian (waktu  dan uang), dalam menentukan pilihan dan mengambil keputusan.  Dewasa  ini, tuntutan masyarakat  terhadap dunia perbankasemakin meningkat,  dimana  masyarakat  tidak  hanya  memandang  sebuabank  sebagai sarana untuk menyimpan  uang yang lebih amannamun lebih dari itu, mereka mengharapkan  hasil investasi  yang lebih tinggi, sehinggmenciptakasuasana persaingan antar bank dalam penggalangan dana nasabah yang semakin ketat dan di sisi lain pemerintah membatasi bank dalam memberikan  suku bunga produk simpanan tidak melebihi bunga perjanjian Bank Indonesia.
            Pemasaran jasa merupakan alat perusahaan untuk memperoleh respon yang diinginkan dari pasar sasaran, tetapi yang terlebih penting lagi bagaimana memahami pemasaran jasa dari sudut pandang atau persepsi nasabah. Dari perspektif nasabah PT Bank Aceh Unit Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya, pemasaran jasa merupakan  jalan keluar bagi masalah nasabah, biaya yang harus dikeluarkan oleh nasabah untuk memperoleh pelayanan yang menyenangkan, promosi yang menarik dan komunikasi yang baik dari PT Bank Aceh Unit Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya dalam meningkatkan minat nasabah untuk menabung.
            Keberhasilan program pemasaran jasa perbankan, disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu promosi, pelayanan dan komunikasi bahkan mungkin ada faktor lain yang dapat dimanfaatkan untuk mempengaruhi minat nasabah. Persepsi adalah proses bagaimana seseoranmenyeleksi, memilih, mengatur  dan menginterpretasikan masukan- masukan informasi untuk menciptakan gambaran keseluruhan yang berarti. Dari sinilah awalnya nasabah membuat keputusan untuk menabung.
            Bank sebagai lembaga keuangan yang memberikan jasa keuangan membutuhkan strategi untuk meningkatkan minat nasabah menabung. Di samping itu bank harus mengetahui lingkungan usahanya, strategi yang dilakukan meliputi ppromosi, pelayanan dan komunikasi. Pada dasarnya strategi yang dilakukan menunjukkan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat menentukan strategi suatu usaha perbankan. 
Bank Pembangunan Daerah Istimewa Aceh merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perbankamilik pemerintah  Provinsi NAD dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Tingginya aset perbankan di Aceh dan banyaknya jumlah penduduk Aceh dan melakukan transaksi usaha di Pidie Jaya menjadi salah satu alasan Bank Aceh untuk membuka kantor Unit Bandar Dua. Dalam  meningkatkan  citra  PT  Bank  AceUnit Bandar Dua sebagai  lembaga keuangan perbankan, maka salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan promosi, pelayanan serta komunikasi yang baik supaya dapat memenuhi kepuasan nasabah bank, sebab dengan promosi, pelayanan serta komunikasi yang baik sesuai dengan manfaat dan dapat memenuhi harapan nasabah bank untuk melakukan penabungan di bank tersebut.
            Melihat kondisi di atas maka penting bagi PT Bank Aceh Unit Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya mempunyai strategi pemasaran yang tepat bagi pemasaran jasa perbankan, dengan program-program pemasaran tersebut dapat dilakukan usaha meningkatkan mutu pelayanan, dengan mutu pelayanan yang baik akan dapat meningkatkaminat nasabah untuk menabung pada PT Bank Aceh Unit Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya. Oleh karena itu untuk melihat apakah program-program pemasaran atau kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan sudah efektif. Berbagai kecendrungan beberapa konsep dan hasil pengamatan penulis mengindentifikasi perkembangan PT Bank Aceh Unit Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya dan banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah untuk menabung pada perbankan Aceh.
Membicarakan tentang promosi, permasalahan yang cukup mampu menjadi resiko bank adalah ketidakpuasan nasabah atas produk-produk dan pelayanan bank Aceh, oleh karena itu diperlukan adanya strategi promosi untuk meningkatkan minat nasabah menabung pada Bank Aceh juga meningkatkan perkembangan semua Bank Aceh. Sedangkan kualitas pelayanan jasa perbankan, bagi PT Aceh  atau dikenal masyarakat luas sebagai Bank Pembangunan Daerah, saat ini menjadi prioritas utama dalam hal pelayanan nasabah. Melihat keunggulan, peluang, prospek dan akselerasi perkembangan Perbankan Aceh di atas maka diperlukan sebuah komunikasi yang efektif sebagai alat “kampanye” kepada masyarakat dalam rangka memaksimalkan fungsi utama Bank Aceh.
Untuk melakukan penelitian pada PT. Bank Aceh Unit Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya mengenai nasabah bank Aceh secara umum dengan mengambil beberapa faktor yang pada penelitian sebelumnya berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah yaitu promosi, pelayanan dan komunikasi.
            Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul: “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Pada PT. Bank Aceh Unit Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya”.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan pemaparan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka ditarik suatu rumusan masalah sebagai berikut:
1.     Bagaimana pengaruh promosi, pelayanan dan komunikasi terhadap minat nasabah Menabung Pada PT. Bank Aceh Unit Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya?
2.     Diantara ketiga variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi minat nasabah Menabung Pada PT. Bank Aceh Unit Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya?

1.3 Tujuan Penelitian
Dalam penelitian ini terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai, yaitu;
1.       Untuk mengetahui pengaruh promosi, pelayanan dan komunikasi terhadap minat nasabah Menabung Pada PT. Bank Aceh Unit Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya.
3.     Untuk mengetahui variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi minat nasabah Menabung Pada PT. Bank Aceh Unit Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya.

1.4    Manfaat Penelitian
Dalam penelitian ini juga terdapat beberapa kegunaan atau manfaat, yaitu;
1.       Kegunaan untuk peneliti, dapat menjadi bahan ajaran untuk mengetahui berbagai prospek pemasaran jasa perbankan.
2.       Kegunaan untuk Akademisi, adanya penambahan gudang ilmu atau pustaka sebagai landasan untuk mengkaji menyangkut ilmu pemasaran jasa.
3.       Kegunaan untuk pihak lain, sebagai referensi peneliti selanjutnya dalam melekukan penelitian dengan kasus yang sama dan tolak ukur pihak perbankan dalam mengmbil kebijakan-kebijakan bank.

Untuk mendapatkan file lengkap hubungi ke: 085275077070
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Pada PT. Bank Aceh Unit Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya