Home » » Analisis Prilaku Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Sepeda Motor Honda pada PT. Capella Honda di Kabupaten Pidie

Analisis Prilaku Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Sepeda Motor Honda pada PT. Capella Honda di Kabupaten Pidie

Analisis Prilaku Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Sepeda Motor Honda pada PT. Capella Honda di Kabupaten Pidie


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Persaingan dalam memperebutkan konsumen semakin lama menjadi semakin ketat. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya alternatif produk yang dapat dipilih oleh konsumen. Munculnya produk-produk yang inovatif secara terus-menerus dalam waktu yang relatif singkat menuntut perusahaan untuk berupaya mengembangkan produk-produknya agar konsumen tertarik untuk melalukan pembelian terhadap produk-produk yang mereka tawarkan. Perkembangan industri sepeda motor sudah sangat pesat dalam beberapa tahun sebelumnya. Sayangnya, perkembangan itu tidak diimbangi dengan perkembangan ekonomi masyarakat inodnesia pada umumnya. 

Perusahan sepeda motor cukup memperhatikan tentang kebutuhan dari konsumennya, diantaranya perusahaan cukup memilih mana yang paling cocok untuk karakteristik pasar. Dalam memasarkan sepeda motornya, perusahaan tidak menggunakan strategi yang dapat menghilangkan kepercayaan dari konsumen. Bahkan, perusahaan juga melakukan berbagai strategi pemasarannya seperti, promosi, undian hadiah dan berbagai kebijakan lainnya. Pada saat ini, pengguna sepeda motornya sudah terbiasa dengan fitur dan bentuk sepeda motor yang disediakan oleh perusahaan Honda khusunya dan juga berbagai suku cadang yang sesuai dengan kebutuhan dari dari sepeda motornya. Perusahaan Honda merupakan salah satu Perusahaan yang saat ini perkembangannya sangat pesat di dunia termasuk di Indonesia. Ini disebabkan karena sepeda motor merupakan kebutuhan skunder manusia. Permintaan kebutuhan Sepeda Motor hasil Perusahaan Honda akan terus meningkat seiring dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat serta perubahan gaya hidup masyarakat atas perkembangan zaman. Berkembangnya perusahaan Honda  di dunia tentu sangat berpengaruh bagi bangsa Indonesia, dimana terdapat banyak jenis dan model hasil-hasil ciptaan perusahaan Honda dari berbagai bahan jenis produk keluran Honda. 

Kebutuhan akan Sepeda Motor Honda sekarang ini tidak hanya sekedar sebagai kebutuhan tranfortasi saja melainkan telah menjadi pemicu masyarakat dalam menjalan kegiatan sehari-hari. Sepeda motor merupakan salah satu aspek paling penting kehidupan masyarakat. Seperti halnya Sepeda Motor dengan merek lain yang saat ini semakin berkembang dengan pesat. Zaman dulu Honda  hanya diminati bagi kalangan orang yang mengetahui tentang kelebihan atau keunggulannya saja dan tidak terfokus pada produk Sepeda Motor Honda, akan tetapi masyarakat tidak terlalu mengenal mana merek sepeda motor yang berkualitas dikarenakan minimnya promosi dan informasi-informasi terkait keberadaan sepeda motor. 

Di era modern ini, Sepeda Motor bermerek Honda telah ditujukan kepada semua kalangan orang dengan model Sepeda Motor yang mengikuti trend-trend yang ada, pengembangannya sangat canggih seperti: dilengkapi variasi bentuk dan jenis-jenis sepeda motornya. Maraknya persaingan antar perusahaan sepeda motor yang ada tentu akan menimbulkan masalah bagi produsen itu sendiri, dimana terjadi kompetisi didalam menarik konsumen sebanyak mungkin. Untuk menarik minat para pembeli, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan perbaikan sistem pemasaran yang efektif. Pemasaran efektif dalam penerapannya bukan hanya bagaimana meningkatkan volume penjualan tetapi juga mengamati tingkah laku konsumen serta memenuhi keinginan konsumen melalui usaha perbaikan kualitas produk, promosi yang sesuai dengan harapan konsumen.

PT. Capella Honda Kabupaten Pidie merupakan salah satu perusahaan yang terkemuka di Kabupaten Pidie dengan pencapaian yang tiap tahunnya tergolong sudah mencapai sasaran, namun masih belum maksimal, hal itu disebabkan dengan kurangnya strategi dari perusahaan dalam merangkul konsumen. Ini semua bias dilihat dengan keadaan wilayah yang besar namun penjualannya masih di bawah daerah-daerah lain di Aceh. Untuk mempertahankan kelangsungan hidup PT. Capella Honda di Kabupaten Pidie seringkali perusahaan dihadapkan pada berbagai masalah, seperti kesulitan di dalam meningkatkan volume penjualan, adanya persaingan yang ketat dari perusahaan sejenis, semakin kompleksnya perilaku konsumen terhadap suatu produk, selera konsumen yang selalu berubah-ubah, serta kondisi ekonomi yang kurang menentu. Maka dari itu. PT. Capella Honda Kabupaten Pidie perlu menerapkan strategi dalam melakukan pemasaran produknya khusus pemasaran Sepeda Motor Honda. PT. Capella Honda Kabupaten Pidie perlu menciptakan suatu kebijakan dalam mencapai tujuan perusahaan dengan cara melakukan langkah-langkah konkrit seperti strategi harga, kualitas, promosi, dan mendistribusikan sepeda motornya dalam kapasitas besar.  

Loyalitas konsumen  merupakan hal yang penting, sebab dengan adanya pemahaman mengenai loyalitas konsumennya, maka perusahaan akan lebih mudah dalam membuat suatu perencanaan pemasaran serta penetapan kebijakan pemasaran dan sebagai dasar dalam pelaksanaan kegiatan pemasaran, alasannya karena berhubungan dengan produk motor yang akan dijual kepada konsumen. 
Dengan munculnya beberapa jenis produk sepeda motor Honda, maka setiap masyarakat berupaya mencari tau tentang produk keluaran Honda yaitu sepeda motor Honda dengan jenis dan type yang berbeda. Hal ini tentunya menyebabkan konsumen semakin bebas memilih jenis sepeda motor Honda yang sesuai dengan selera konsumen. Demikian halnya dengan perusahaan-perusahaan yang menjual sepeda motor merek Honda di Kabupaten Pidie sebagai salah satu usaha yang dikunjungin konsumen, tentu sangat memperhatikan sistem pemasaran secara efektif pada Honda yang dipasarkan. Berdasarkan kondisi yang telah disebutkan diatas dimana begitu banyaknya produk-produk yang sama yang ditawarkan dari berbagai macam produsen sehingga meramaikan penjual-penjual sepeda motor Honda khususnya merek Honda .

Salah satu tujuan kegiatan pemasaran perusahaan adalah mempengaruhi konsumen atau calon konsumen agar mereka mau membeli barang atau jasa perusahaan pada saat mereka membutuhkannya. Sebelum kegiatan pemasaran dilakukan, perusahaan perlu mempelajari dan memahami perilaku konsumen terlebih dahulu agar mereka dapat lebih tepat menetapkan kegiatan pemasarannya. Salah satu perilaku konsumen yang penting adalah perilaku dalam melakukan pembelian suatu barang atau jasa. Suatu kegiatan pembelian yang nyata merupakan salah satu tahap dari keseluruhan proses mental dan kegiatan fisik yang terjadi dalam periode waktu tertentu. Loyalitas merek merupakan salah satu tahapan setelah pembelian. Untuk lebih meningkatkan penjualan sepeda motornya, maka pihak penjual perlu memperhatikan strategi pemasaran dimana strategi pemasaran terdiri dari: kualitas produk, harga dan promosi. Ketiga faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap loyalitas konsumen terhadap merek produk sepeda motor bermerek Honda. 
Berdasarkan uraian latar belakang masalah yang telah dikemukakan sebelumnya, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul: “Analisis Prilaku Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Sepeda Motor Honda pada PT. Capella Honda di Kabupaten Pidie”.

1.2 Perumusan Masalah
Adapun perumusan masalah yang akan dibahas pada penelitian ini adalah:
  1. Bagaimana pengaruh prilaku konsumen yang terdiri dari kepribadian, gaya hidup dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek Sepeda Motor Honda pada PT. Capella Honda di Kabupaten Pidie?
  2. Dari tiga variabel yang diteliti variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi loyalitas merek Sepeda Motor Honda pada PT. Capella Honda di Kabupaten Pidie?

1.3  Tujuan Penelitian
Penelitian ini memiliki berbagai tujuan. Adapun tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh prilaku konsumen yang terdiri dari kepribadian, gaya hidup dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek Sepeda Motor Honda pada PT. Capella Honda di Kabupaten Pidie.
  2. Untuk mengetahui variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi loyalitas merek Sepeda Motor Honda pada PT. Capella Honda di Kabupaten Pidie

1.4  Kegunaan Penelitian
1.4.1 Kegunaan Teoritis 
Adapun kegunaan teoritis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mengadakan penelitian yang berkaitan dengan kepribadian, gaya hidup dan kepuasan konsumen dan pengaruhnya terhadap loyalitas merek.
  2. Menambah kepustakaan dalam bidang manajemen pemasaran, khususnya tentang teori-teori yang menyangkut tentang kepribadian, gaya hidup, kepuasan konsumen dan loyalitas merek.

1.4.2 Kegunaan Praktis
Adapun kegunaan praktis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu mengembangkan pemikiran bagi perusahaan Honda sebagai masukan dalam pertimbangan untuk pengambilan keputusan kebijaksanaan oleh pihak perusahaan dalam rangka meningkatkan usaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan yang berkaitan dengan masalah kepribadian, gaya hidup dan kepuasan konsumen  terhadap loyalitas merek.
  2. Untuk lebih mengembangkan penalaran, membentuk pola pikir dinamis, sekaligus untuk mengetahui kemampuan penulis dalam menerapkan ilmu yang diperoleh. 

Untuk memperoleh file lengkap anda bisa menghubingi: 085275077070
Analisis Prilaku Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Sepeda Motor Honda pada PT. Capella Honda di Kabupaten Pidie