Home » » Pilih Mana Smartphone Xiaomi atau Asus Zenfone?

Pilih Mana Smartphone Xiaomi atau Asus Zenfone?

Pilih Mana Smartphone Xiaomi atau Asus Zenfone?



Merk yang mungkin tergolong baru dibandingkan dengan beberapa brand seperti Nokia, Samsung, dan Sony. Akan tetapi keberadaan kedua smartphone ini sanggup menyita perhatian pasar dengan kemampuan ekstra dan harga yang murah. Soal kualitas hape terbaik, pilih mana smartphone Xiaomi atau Asus Zenfone?

Berikut ini saya jabarkan tentang pengalaman kami di setelah bolak-balik nge-cek dan menggunakan beberapa type smartphone Android Xiaomi Redmi dan Asus Zenfone.

1. Body
Ditinjau dari segi fisik, Xiaomi nampaknya lebih elegan. Baik Xiaomi Redmi1, Xiaomi Redmi2, Xiaomi Redmi Note terkesan seperti handphone 3 juta keatas ( sekilas mirip Sony Xperia ). Sementara untuk Asus Zenfone 4, Zenfone 4s, Zenfone C, Zenfone 5, Zenfone 6 dan Zenfone 2 terbilang biasa saja.

Meskipun begitu, body hanya sesuai selera saja. Tak masalah mengenai poin ini, karena tiap orang mempunyai penilaian masing-masing.

2. Layar
Agak susah untuk membedakannya, kedua layar smartphone ini semuanya sudah menggunakan lcd terbaru. Namun perbedaan akan terlihat ketika di luar ruangan siang hari, disinilah kelebihan xiaomi yang dapat dengan mudah dilihat dibanding asus zenfone yang mempunyai kecerahan layar terbatas.

Sementara keluhan lainnya tidak ada, bahkan salah satu ponsel Asus Zenfone kita coba dengan menggoreskan benda tajam tanpa memakai pelindung layar, kondisinya tetap halus dan tidak meninggalkan bekas goresan. Untuk Xiaomi, kita belum coba.

3. Kamera

Xiaomi dan Asus mempunyai keunggulan dan kelemahan masing masing :

Kelebihan kamera Xiaomi dibanding Asus Zenfone
-Hasil kamera lebih tajam, sebagai contoh kamera dengan 8MP xiaomi mempunyai detil yang lebih baik daripada Asus Zenfone 8MP dengan Pixelmasternya. Kamera Asus Zenfone masih saja susah untuk mengambil foto tanpa adanya noise yang lumayan mengganggu, terutama ketika mengambil foto kurang cahaya.


Kekurangan kamera Xiaomi dibanding Asus Zenfone
-Dalam beberapa kasus, saya temukan sebuah distorsi foto. Sekilas hasil kamera tidak ada yang aneh pada Xiaomi yang saya coba, akan tetapi jika diperhatikan lebih teliti, gambar terlihat miring disebelah sisi kanan/ kiri. Ntah ini ada di satu dari beberapa banyak unit, atau mungkinkah ini kelemahan dari vendor China tersebut. Sementara Asus asal Taiwan ini memiliki hasil jepretan yang standar.

Dari semua keunggulan dan kelemahan masing-masing, semuanya tergantung pada pengguna. Ingat kata pepatah photographer, hasil foto ditentukan oleh fotografer itu sendiri. “The Man Behind The Gun”.

4. Performa
Tergantung seri mana, Xiaomi Redmi, Redmi 2, Redmi 3, Redmi 4i, Redmi Note, semua nya punya perbedaan signifikan dalam kecepatan processor, gpu, ram dan sebagainya. Sementara Asus Zenfone dengan Intel Processor disokong dengan komponen lainnya membuat persaingan keduanya sangat ketat.

Jadi soal performa, harus dilakukan perbandingan secara one by one dengan kisaran harga yang sama.

5. Sensor
Sensor nampaknya Xiaomi tidak lebih baik daripada Zenfone. Akurasi smartphone buatan Asus ini sangat baik, sementara Xiaomi ada beberapa sedikit ketika digunakan misalnya untuk gps, test sensor dan signal strength.

6. Value for Money
Xiaomi menjual dengan harga yang murah, akan tetapi spesifikasinya tidak murahan. Sama halnya dengan Asus Zenfone harga miring tapi performa bisa lebih baik dengan smartphone bermerk lainnya yang dibanderol dengan harga tinggi.

Saya katakan kedua merk ini memang worth atau bisa dibilang dengan harga pas-pasan dapet smartphone spek ok. So, sekarang Anda sendiri yang menentukan pilih mana Smartphone Xiaomi atau Asus Zenfone?

Update: Februari 2017
Dalam catatan: saya tidak dibayar oleh kedua vendor, tapi inilah yang saya dapatkan dari beberapa ponsel yang telah saya gunakan sendiri dan sharing bareng temen (pemilik konter


Sejak zenfone 4 sampai zenfone 2 – laser – go – dan zenfone 3, sangat cocok untuk kebutuhan multitasking. Sangat mendukung untuk pekerjaan kantor, atau seperti saya ini yang sering mengumpulkan banyak bahan postingan untuk website. Bahkan, untuk tethering tidak mengalami masalah 24 jam nonstop di jaringan 4G Telkomsel sampai kecepatan 25 mbps. Namun sayangnya, untuk memainkan game, sekali hang, sering banget tidak bisa diapa-apakan. Hh harus dimatikan dan dihidupkan lagi. Dan satu lagi, pengaturan layar zenfone menurut saya terlalu terang untuk dibaca di tempat gelap walaupun sudah diset paling gelap.

Sedangkan Xiaomi mulai dari awal sampai yang baru dirilis, rasanya lebih cocok untuk kegiatan sosial media dan bermain game, serta untuk fotografi yang lebih bagus. Namun sayangnya, saya melihat sendiri tidak hanya satu atau dua unit smartphone Xiaomi mengalami kerusakan hardware dalam waktu 6 bulan sampai 2 tahun, seperti charger mulai nggak masuk, pembaruan yang banyak error, touch screen mulai tidak responsif dan mudah pecah jika terjatuh.

Sumber: http://www.ayomaju.info