Home » » Pengaruh Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT.Bank Mandiri Syariah Cabang Sigli Kabupaten Pidie

Pengaruh Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT.Bank Mandiri Syariah Cabang Sigli Kabupaten Pidie

Pengaruh  Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT.Bank Mandiri  Syariah Cabang  Sigli Kabupaten Pidie 

Pengaruh  Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan
BAB I 
PENDAHULUAN
Latar  Belakang
Dalam rangka menghadapi era globalisasi saat ini dan dalam kondisi masyarakat sekarang, seringkali ditemukan beberapa masalah yg menyebabkan banyak perusahaan mengalami kegagalan, baik yg disebabkan oleh ketidakmampuan beradaptasi dengan kemajuan teknologi maupun yg disebabkan oleh kurang baiknya hasil kerja dari sumber daya manusia yg ada pada perusahaan tersebut, padahal harus diakui manusia adalah faktor penting yg turut menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Oleh karena itu, keberhasilan suatu perusahaan atau organisasi sangat ditentukan oleh kegiatan pendayagunaan sumber daya manusia yaitu orang-orang yg menyediakan tenaga, bakat kreativitas dan semangat bagi perusahaan serta memegang peranan penting dalam fungsi operasional perusahaan.

Perusahaan tidak mungkin terlepas dari tenaga kerja manusia, walaupun aktivitas perusahaan itu telah mempunyai modal yg cukup besar dan teknologi modern, sebab bagaimanapun majunya teknologi tanpa ditunjang oleh manusia sebagai sumber dayanya maka tujuan perusahaan tidak akan tercapai, dengan demikian maka sumber daya manusia sangat penting untuk diberikan arahan dan bimbingan dari manajemen perusahaan pada umumnya dan manajemen sumber daya manusia pada khususnya. Kemajuan sebuah perusahaan harus mendapatkan perhatian lebih dari perusahaan. Perhatian perusahaan tersebut harus terpogram dan terencana dengan baik.Bentuk dari perhatian ataupun kepedulian perusahaan terhadap para karyawan bisa tercermin dari adanya badan  penyelenggara sosial tenaga kerja,dimana program tersebut merupakan bentuk perlindungan terhadap hak-hak tenaga kerja. BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) merupakan program publik yg memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraannya menggunakan mekanisme asuransi sosial. BPJS Ketenagakerjaan menurut UU BPJS berfungsi menyelenggarakan 4 program, yaitu program jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kematian. Program jaminan kecelakaan kerja diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial, dengan tujuan menjamin agar peserta memperoleh manfaat pelayanan kesehatan dan santunan uang tunai apabila seorang pekerja mengalami kecelakaan kerja atau menderita penyakit akibat kerja.

Selanjutnya program jaminan hari tua diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial atau tabungan wajib, dengan tujuan untuk menjamin agar peserta menerima uang tunai apabila memasuki masa pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia. Kemudian program jaminan pensiun diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial atau tabungan wajib, untuk mempertahankan derajat kehidupan yg layak pada saat peserta kehilangan atau berkurang penghasilannya karena memasuki usia pensiun atau mengalami cacat total tetap. Jaminan pensiun ini diselenggarakan berdasarkan manfaat pasti. Sedangkan program jaminan kematian diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial dengan tujuan untuk memberikan santuan kematian yg dibayarkan kepada ahli waris peserta yg meninggal dunia.

Karena dengan memberikan perlindungan terhadap karyawan secara langsung akan berdampak pada produktivitas sebuah perusahaan tersebut. Sebaliknya, jika karyawan tidak diberikan haknya maka operasional dan produktivitas perusahaan dipastikan .tidak akan optimal. Eksistensi suatu perusahaan tidak bisa dijamin oleh siapa pun, termasuk dari sisi permodalan.

Dengan adanya BPJS Ketegakerjaan selama ini  di Bank akan sangat mempermudah karyawan apabila terjadinya musibah dan kecelakaan ada yg memberikan jaminan kepada karyawan yg di berikan oleh pihak perusahaan dan juga perlu karyawan atau pekerja diberikan jamiman berupa BPJS Ketenagakerjaan supaya  tumbuh perusahaan yg sehat dan mampu bersaing dan itu akan meberikan produktivitas yg tinggi bagi perusahaan. Pemberian Program BPJS di Bank tidak hanya memberikan perlindungan kepada karyawan tetapi juga dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Karyawan akan merasa aman dan mendapat perlindungan baik bagi dirinya maupun bagi keluarganya, maka konsentrasi akan berpusat pada pekerjaan di Bank.  PT.Bank Mandiri adalah sebuah lembaga yg bergerak di bidang  keuangan dan dalam pekerjaan di PT.Bank Mandiri membutuhkan karyawan yg produktif, dengan adanya karyawan yg produktif akan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Berdasarkan fakta-fakta yg telah diuraikan di atas,  penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang ”Pengaruh  Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT.Bank Mandiri  Syariah Cabang  Sigli Kabupaten Pidie”.

Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yg menjadi rumusan masalah   dalam pembahasan ini:
  1. Apakah program badan penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan berpengaruh terhadap produktivitas karyawan?
  2. Seberapa besarkah program badan penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan berpengaruh terhadap produktivitas karyawan?
Tujuan Penelitian
Sesuai dengan latar belakang masalah dan rumusan masalah yg telah diuraikan sebelumnya, penelitian ini mempunyai tujuan antara lain :
  1. Untuk mengetahui pengaruh program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ketenagakerjaan Terhadap Produktivitas Kerja  Karyawan. 
  2.  Untuk mengetahui berapa besar program badan penyelenggara jaminan sosial tenaga kerja berpengaruh terhadap produktivitas karyawan.
Manfaat  Penelitian
  1. Bagi Perusahaan: Sebagai bahan masukan atau perbandingan bagi pihak perusahaan mengenai pentingnya program badan penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan terhadap produktivitas kerja karyawan dan menjadi bahan masukan bagi perusahaan.
  2. Bagi Penulis: Sebagai hasil karya dalam menambah wawasan pengetahuan yg dapat lebih memperluas pola pikir pembaca khususnya mengenai  program badan penyelenggara jaminan sosial tenaga kerja kerja karyawan terhadap produktivitas kerja karyawan.
  3. Bagi Penelitian Selanjutnya: Sebagai bahan bacaan bagi penelitian selanjutnya untuk meneliti lebih dalam lagi tentang badan penyelenggara jaminan sosial tenaga kerja kerja karyawan terhadap produktivitas kerja karyawan. di masa yg akan datang