Home » » Pengertian Sikap Terhadap Uang (Money Attitude) Menurut Para Ahli

Pengertian Sikap Terhadap Uang (Money Attitude) Menurut Para Ahli

Pengertian Sikap Terhadap Uang (Money Attitude) Menurut Para Ahli

Pengertian Sikap Terhadap Uang (Money Attitude) Menurut Para Ahli

Pengertian Sikap Terhadap Uang (Money Attitude)

Menurut Durvasula dan Lysonski (2007: 2) Uang memiliki banyak arti dan didalamnya termasuk Kebaikan (contoh: “Uang itu Penting”, “Uang bisa membeli kemewahan”), Keburukan (contoh: “Uang itu Memalukan”), Respek (contoh: “Uang bisa mendekatkan dengan teman”), Budget (contoh: “Saya sangat hati-hati dalam menggunakan uang”), dan Kebebasan (contoh: “Uang berarti Kekuatan”).

Menurut Li  dkk (2009: 2) Uang adalah elemen yg sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Uang bisa memotivasi dan mempengaruhi keputusan pembelian seseorang. Seorang individu tidak hanya menghubungkan Nilai, Kegunaan, dan Kekayaan dengan menggunakan uang, tetapi juga dihubungkan dengan berbagai macam arti dan emosi.

Li  dkk (2009: 4) menambahkan bahwa Pakar ekonomi biasanya menganggap seorang individu sebagai pembuat keputusan yg rasional dan individu tersebut selalu melakukan pencarian untuk meningkatkan kekayaan dan menggunakan kegunaan uang secara penuh. Meskipun demikian,seorang individu juga memiliki tujuan yg lain selain menumpuk kekayaan (contoh: menbisakan kekuasaan, menikmati hidup), tujuan inilah yg secara bersamaan mempengaruhi sikap seorang individu terhadap uang dan keputusannya serta kebiasaannya dalam hal-hal yg melibatkan uang.

Makna simbolis dari uang menjadi sesuatu yg penting dari uang dan bahkan menunjukkan nilai ekonominya. “Money attitudes  affect  all  aspect  of  our lives not just our spending habbits, but work performance, political ideology, charitable giving and attitudes regarding the environtment are but a  few important areas in wich money attitudes play a role” (sikap terhadap uang mempengaruhi semua aspect dalam hidup tidak hanya kebiasaan pembelian tapi juga performa kerja, ideology politik, pemberian penghargaan, dan sikap mengenai lingkungan dimana beberapa area penting didalamnya terbisa sikap  terhadap uang yg memainkan peranannya) (Robert dan Sepulveda, 2008: 12).

Menurut Magee (2009: 2) mengemukakan“The literature documents that Money Attitudes is a multidimensional construct and individual’s. associate    different symbolic meanings with money”(dari beberapa literature dokumen  menunjukkan  bahwa  sikap  terhadap uang merupakan  konstruksi  multidimensi  dan pemikiran  individu  yg  berbeda  atas  makna simbolis dari uang)

Berdasarkan pengertian di atas bisa disimpulkan bahwa definisi sikap   terhadap uang adalah wujud perilaku seseorang sebagai hasil evaluasi terhadap  manfaat kepemilikian, kegunaan dan makna simbolis dari uang yg mempengaruhi perilaku pembelian dari individu.