Home » » Studi Kepustakaan: Pengertian Prestasi Kerja Menurut Para Ahli

Studi Kepustakaan: Pengertian Prestasi Kerja Menurut Para Ahli

Studi Kepustakaan: Pengertian Prestasi Kerja Menurut Para Ahli

Studi Kepustakaan: Pengertian Prestasi Kerja Menurut Para AhliStudi Kepustakaan: Pengertian Prestasi Kerja Menurut Para Ahli - Istilah prestasi kerja sering kita dengar atau sangat penting bagi sebuah organisasi atau Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Pidie Jaya untuk mencapai tujuannya. Dalam konteks pengembangan sumber daya manusia prestasi kerja seorang pegawai dalam sebuah Kantor Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Pidie Jaya sangat dibutuhkan untuk mencapai prestasi kerja bagi pegawai itu sendiri dan juga untuk keberhasilan Kantor Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Pidie Jaya. Prestasi kerja adalah hasil kerja seseorang pegawai selama periode tertentu dibandingkan dengan berbagai kemungkinan misalnya standard, target/sasaran atau kriteria yg telah ditentukan terlebih dahulu dan disepakati bersama. Prestasi kerja merupakan hasil kerja seseorang pegawai selama periode tertentu dibandingkan dengan berbagai kemungkinan misalnya standard, target/sasaran atau kriteria yg telah ditentukan terlebih dahulu dan disepakati bersama.

Menurut (Hasibuan,2008:64) menyatakan bahwa prestasi kerja adalah suatu hasil kerja yg dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas–tugas yg dibebankan kepadanya yg didasarkan atas kecakapan, pengalaman, dan kesungguhan serta waktu.

Selanjutnya Sutrisno (2010:150) mengartikan prestasi sebagai tingkat kecakapan seseorang pada tugas-tugas yg mencakup pada pekerjaan.

Selanjutnya (Rivai ,2007: 309) mengatakan bahwa prestasi Kerja merupakan suatu fungsi dari motivasi dan kemampuan.

McCormick & Tiffin (2008:152) mengemukakan bahwa prestasi kerja merupakan hasil dari gabungan variabel individual dan variabel fisik, pekerjaan, variabel organisasi dan sosial.
Justine Sirait (2009:128), menjelaskan bahwa prestasi kerja adalah proses evaluasi atau unjuk kerja pegawai yg dilakukan oleh organisasi.

Handoko (2008:135),  mengungkapkan bahwa prestasi kerja adalah suatu hasil kerja yg dicapai organisasi mengevaluasi atau menilai karyawannya.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa prestasi kerja pegawai merupakan hasil yg dicapai pegawai dalam pelaksanaan suatu pekerjaan yg diberikan kepadanya baik secara kuantitas maupun kualitas melalui prosedur yg berfokus pada tujuan yg hendak dicapai serta dengan terpenuhinyam standard pelaksanaan.

Untuk mencapai prestasi kerja yg baik, unsur yg paling dominan adalah sumber daya manusia, walaupun perencanaan telah tersusun dengan baik dan rapi tetapi apabila orang atau personil yg melaksanakan tidak berkualitas dan  tidak memiliki semangat kerja yg tinggi, maka perencanaan yg telah disusun tersebut akan sia-sia.

Prestasi kerja yg dicapai pegawai merupakan suatu hal yg sangat penting dalam menjamin kelangsungan hidup organisasi. Dalam mencapai prestasi kerja yg tinggi beberapa faktor yg mempengaruhi menjadi pemicu apakah prestasi kerja pegawai tinggi atau rendah. Banyak faktor yg dapat mempengaruhi prestasi kerja dari individu tenaga kerja kemampuan mereka, motivasi, dukungan yg diterima, keberadaan pekerjaan yg mereka lakukan, dan hubungan mereka dengan organisasi. Pada banyak organisasi, prestasi kerjanya lebih bergantung pada prestasi kerja dari individu tenaga kerja.