Home » » Ulasan Tentang Faktor-faktor yg mempengaruhi produktivitas

Ulasan Tentang Faktor-faktor yg mempengaruhi produktivitas

Ulasan Tentang Faktor-faktor yg mempengaruhi produktivitas

Ulasan Tentang Faktor-faktor yg mempengaruhi produktivitas
Faktor-faktor yg mempengaruhi produktivitas
Sinungan (2006:64) mengatakan bahwa kerja produktivitas memerlukan persyaratan lain sebagai faktor pendukung yaitu kemajuan kerja yg tinggi, kemauan kerja yg sesuai dengan isi kerja yg nyaman, penghasilan yg dapat memenuhi kebutuhan hidup minimum, jaminan sosial yg memadai, kondisi kerja yg manusiawi dan hubungan kerja yg harmonis.

Handoko (2006:15) mengatakan bahwa ada beberapa faktor yg mempengaruhi produktivitas antara lain mencakup kondisi fisik pekerjaan, derajat otomatisasi yg digunakan, layout, desain pekerjaan, keterampilan dan motivasi karyawan, serta pengupahan (Insentif) dan paket-paket benefit yg digunakan.

Handoko (2006:15) faktor yg dapat mempengaruhi produktivitas kerja karyawan digolongkan dua kelompok yaitu:

1. Kualitas dan kemampuan fisik.
Kualitas dan kemampuan fisik karyawan dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, pelatiahan, motivasi, etos kerja dan mental.

2. Sarana pendukung.
  • Menygkut lingkungan kerja, termasuk tehnologi dan produksi, sarana dan peralatan produksi yg digunakan, tingkat keselamatan kerja dan suasana dalam lingkungan kerja.
  • Menygkut kesejahteraan karyawan yg mencermin dalam sistem insentif, tunjangan, jaringan dan lain-lain.
Adapun menurut Tiffin dan Cormick (dalam Sutrisno, 2009:103) mengatakan bahwa faktor-faktor yg mempengaruhi produktivitas kerja dapat disimpulkan menjadi dua golongan, yaitu:
  • Faktor yg ada pada diri individu, yaitu umur, tempramen, keadaan fisik individu,kelelahan dan motivasi.
  • Faktor yg ada diluar individu, yaitu kondisi fisik sperti suara, waktu istirahat, lama kerja, upah, bentuk organisasi, lingkungan sosial dan keluarga.
Namun secara garis besar dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yg mempengaruhi produktivitas adalah;
1. Sikap Mental
Sikap mental ini meliputi motivasi, disiplin dan aneka kerja, dengan adanya unsur yg ada di atas diharapkan mampu meningkatkan gairah kerja yg pada akhirnya menigkatkan produktivitas mereka, di samping itu juga disiplin dan aneka kerja diperlukan dengan sebaik mungkin.
2. Pendidikan
Pendidikan karyawan merupakan salah satu faktor yg menentukan produktivitas, bagi mereka yg memiliki pendidikan yg lebih tinggi, biasanya cara bertindak,berfikir dan mengambil keputusan lebih bersifat luas dan menghayati akan pentingnya produktivitas bagi mereka sendiri.
3. Ketrampilan.
Ketrampilan seseorang merupakan tingkat kemampuan yg dimiliki seseorang dalam bekerja. Kemampuan tersebut meliputi kemampuaan perencanaan dalam menganalisa dan melaksanakan serta mengevaluasi terhadap kegiatan yg telah dilakukan.
4. Manajemen  
Dalam hal ini berkaitan dengan sistem pembagian atau penguasaan pekerja, manajemen tersebut di dalam penerapannya perlu melihat yg bagaimana yg lebih cocok di dalam kondisi lingkungan kerja merek
5. Hubungan
Para karyawan bukan hanya dimanfaatkan tenaga kerja saja, namun mereka merupakan mitra kerja perusahaan untuk hubungan yg serasi dan harmonis perlu dijaga dan dipelihara yg pada akhirnya perlu meningkatkan produktivitas.
6. Tingkat Penghasilan
Bila penghasilan tinggi, maka sesorang akan lebih sangat bekerja dalam bekerja sehingga produktivitas akan meningkat, penghasilan yg memadai konsentrasi kerja dan diharapkan semangat akan lebih tinggi serta dapat meningkatkan hasil produktivitas yg lebih maksimal.
7. Gizi dan Kesehatan
Apabila kebutuhan gizi para tenaga kerja dapat dipenuhi dan mencukupi syarat maka bisa menimbulkan perbaikan kesehatan sehingga lebih kuat dalam bekerja, maka akan dapat meningkatkan produktivitas.
8. Jaminan Sosial
Di harapkan jaminan social dapat meningkatkan pengabdian dan semangat kerja para karyawan,karena dengan adanya jaminan social, maka para karyawan akan terjamin hari kedepan yg lebih cerah. Sehingga dengan adanya jaminan social tersebut produktivitas juga akan lebih meningkat.

Pengukuran produktivitas kerja karyawan

Banyak faktor yg mempengaruhi produktivitas kerja, baik yg berhubungan dengan tenaga kerja maupun yg berhubungan dengan lingkungan organisasi. Pada suatu organisasi apapun, bahwa untuk mencapai tingkat perkembangan yg diharapkan, maka perlu adanya upaya untuk meningkatkan produktivitas. Faktor-faktor yg mendukung hal tersebut adalah:
  • Modal
  • Sumber daya alam
  • Tehnologi (riset dan pengembangan)
  • Sumber daya manusia
  • Peran organisasi (perusahaan)
Husen Umar (2005:9) menyatakan bahwa produktivitas sebagai perbandingan hasil yg dicapai (output) dengan keseluruhan sumber daya yg digunakan (input).Dengan kata lain produktivitas memiliki dua dimensi:
  • Efektivitas yg mengarah kepada pencapain unjuk kerja yg maksimal yaitu pencapain target yg berkaitan denagn kualitas dan waktu.
  • Efisiensi yg berkaitan dengan upaya membandingkan output dengan realisasi penggunaannya.
Produktivitas         =                Efektivitas menghasilkan Output
                                                 Efisiensi menggunakan Output