Home » » Ulasan Tentang Pengertian Produktivitas

Ulasan Tentang Pengertian Produktivitas

Ulasan Tentang Pengertian Produktivitas

Ulasan Tentang Pengertian ProduktivitasUlasan Tentang Pengertian Produktivitas - Secara umum produktivitas dapat diartikan sebagai hubungan antara hasil nyata maupun fisik (barang atau jasa) dengan input yg sebenarnya. Misalnya produktivitas adalah ukuran efisiensi produksi. Suatu perbandingan antara hasil keluaran dan masukan (output/input).

Produktivitas pada dasarnya mencakup sikap mental yg selalu mempunyai pandangan bahwa kehidupan dari kemarin harus lebih baik dari hari ini. Cara kerja hari ini harus lebih baikdari hari kemarin dan hasil kerja yg dicapai esok hari harus lebih dari yg diperolah hari ini. (Simanjuntak, 2007: 34-35).

Produktivitas adalah suatu pendekatan interdisipliner untuk menentukan tujuan yg efektif, pembuatan rencana, aplikasi penggunaan cara yg produktivitas untuk menggunakan sumber-sumber secara efisien dan tetap menjaga kualitas yg tinggi.

Produktivitas merupakan nisbah atau rasio antara hasil kegiatan (output), dan segala pengorbanan (input) untuk mewujudkan hasil tersebut. Input bisa mencakup biaya produksi (production cost) dan biaya peralatan (equipment cost). Sedangkan output bisa terdiri dari penjualan (sales), pendapatan (earnings), market share dan kerusakan (defects) (Gomes, 2005:157).

Sukamto (2005:66), mengatakan bahwa produktivitas adalah nilai output dalam hubungan dengan suatu kesatuan input tertentu. Peningkatan produktivitas yg bearti jumlah sumber daya yg digunakan dengan jumlah barang dan jasa yg diproduksi semakin meningkat.

Dari pendapat yg diuraikan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa produktivitas adalah perbandingan jumlah keluaran (output) tertentu dengan masukan (input) tertentu untuk jangka waktu tertentu.